Sunday, November 07, 2004

masak.....

Aku gak suka masak at all..

Kenapa???? karena badan jadi bau, tapi kalo mandorin orang masak seneng banget... Tapi anehnya dari dulu jaman kuliah kenapa kalo ada kegiatan masak selalu aku yang kebagian ya....itu mengherankan banget. Karena pada dasarnya kan aku gak bisa dan jarang masak. tapi dari dulu orang-orang selalu nyuruh dan menunggu aku untuk masak...aneh kan.... kontradiksi banget, ..cuma walaupun demikian, ada kebahagiaan tersendiri ketika sudah selesai masak dan masakan tadi habis dimakan ama temen2...hehehe......senang banget. Rasanya udah jadi koki masak banget deh... Sekarang????? Karena udah sendiri dan gak ada pembantu yang masak, mau gak mau aku mesti masak dulu kalo mau makan. abis gak mungkin lah beli terus2an. hari masak aku adalah sabtu ama minggu. Tiap weekend ada aja masakan yang aku coba. Walaupun hasilnya kadang mengecewakan tapi gak apa lah, toh masih ada yang menikmati dan bilang enak...walaupun aslinya mungkin gak enak ya...

Minggu ini aku coba buat ayam pop...hahah as requested by obi. Yap...masakan padang itu loh. Seumur2 aku gak pernah bikin ayam pop. tapi kalo baca di resepnya kok gampang ya...sambelnya sih kayaknya enak, wanginya udah pas..walaupun rasanya belum teruji karena gak bisa dirasain, kan lagi puasa...sedangkan ayamnya belum tau, masih direbus tuh.... Aku mau share deh cara bikin ayam pop. Ini nih resepnya........ 1 ekor ayam kampung, 500 ml air kelapa, 4 siung bawang putih dan garam secukupnya.

Cara memasak ; Pertama2 ayam dibersihkan, buang kulit ayam, trus lumuri dengan jeruk purut. Diamkan selama 30 menit. Rebus ayam yang sudah dilumuri jeruk dengan air kelapa dan bawang putih yang sudah dihaluskan. Biarkan sampai air kelapa habis dan daging ayam empuk. Kemudian goreng dalam minyak yang panas. Untuk sambalnya ; Bumbunya 5 siung bawang merah, 4 siung bawang putih, 5 cabe rawit, 4 cabe merah, 3 cm jahe, 2 tomat, garam dan gula secukupnya. Semua bumbu dihaluskan. Kemudian digoreng dengan minyak tambah air secukupnya dan masukkan tomat yang sudah dipotong2. Tunggu sampai masak. Angkat dan siap disajikan... Gampang kan.......

1 comment:

Ratna Agustina said...

Rie, kapan loe masak waktu kuliah? kok gue lupa yak? :p
Gue jg gak suka masak, apalagi yg ribet²... males agh